RSS

Pengangguran


            Banyak sekali masalah sosial yang terjadi di Negeri ini, salah satunya pengangguran. Pengangguran merupakan istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran biasanya di sebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Keterbatasan lapangan pekerjaan dan banyaknya jumlah angkatan kerja adalah faktor utama terjadinya pengangguran.
            Apabila tingkat pengangguran besar maka akan banyak timbul masalah sosial lainnya seperti, masalah ekonomi, kriminalitas dan masih banyak masalah-masalah sosial lainnya. Kenapa pengangguran bisa berdampak dalam berbagai masalah sosial lainnya? Karena jika seseorang mengaggur maka tidak ada pemasukan atau pendapatan yang bisa ia terima, karena ketiadaan pemasukan tersebut menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan, ini merupakan masalah perekonomian yang baru.
Karena ketebatasan ekonomi tersebut maka si penganggur untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya memilih jalan pintas untuk memperoleh uang seperti melakukan perampokan, pencurian, penjambretan dan masih banyak lagi kejahatan-kejahatan yang dapat dilakukan. Semua cara ia halal kan untuk memperoleh uang demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dengan kata lain, pengangguran memiliki efek yang sangat besar demi kemakmuran dan kesejahteraan di Negeri ini.
Selain itu, pengangguran yang terlalu lama bisa menimbulkan caciaan dan hinaan dari tetangga sekitar lingkungan tempat tinggal. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kondisi psikologis si penganggur dan bahkan keluarganya. Sehingga si pengganggur dapat saja melakukan hal yang berbahaya. Dari salah satu artikel yang pernah saya baca, faktor-faktor penyebab pengangguran antara lain :
1.      Penduduk yang relatif banyak
2.      Penerapan rasionlisasi
3.      Teknologi yang semakin modern
4.      Adanya lapangan kerja yang dengan di pengaruhi musim
5.      Ketidakstbilan perekonomian politik dan keamanan suatu negara
6.      Pendidikan dan keterampilan yang rendah angkatan kerja tidak memenuhi persyaratan yang di minta dunia kerja
7.      Pengusaha yang selalu mengejar keuntungan dengan cara melakukan penghematan-penghematan

            Oleh karna sebab itu maka, Pemerintah seharusnya lebih tegas untuk mengatasi masalah kependudukan, yakni dengan mencoba mengendalikan pertembuhan penduduk, karena di dasari pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat akan memicu munculnya tingkat pengangguran yang lebih besar di masa yang akan datang. Selain itu, masyarakat juga harus merubah pandangan mereka mengenai “Banyak anak banyak rejeki” karena menurut saya jika masayarakat masih berpendapat seperti itu, mau pemerintah melalukan program apa aja tidak akan berhasil karena mereka masih beranggapan seperti itu. Jadi selain peran pemerintah, masyarakat pun harus ikut serta dalam membantu terlaksananya kebiijakan yang ditetapkan oleh pemerintah.
Selain mengatasi masalah kependudukan, pemerintah juga harus memberikan dan mengarahkan pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) ke arah yang lebih baik, dengan memperbanyak pusat-pusat pelatihan kerja serta pembukaan lapangan kerja baru dan pemerintah juga harus memberi kemudahan bagi pengelola sekolah-sekolah kejujuran. Usaha lainnya adalah dengan mencoba membuka lapangan pekerjaan di daerah-daerah yang selama ini kurang berkembang kegiatan ekonominya. Sehingga proses pemerataan kesempatan kerja menjadi lebih terjamin keberhasilannya, selain itu juga mengurangi konsentrasi tenaga kerja di pulau jawa.
Karena kalau hanya ter konsentrasi di pulau jawa maka akan menimbulkan kesenjangan yang semakin jauh di daerah-daerah yang kurang berkembang di bidang ekonomi. Dan mereka akan beranggapan bahwa dipulau jawa terutama di Ibu Kota akan mudah memperoleh pekerjaan, sehingga mereka berbondong-bondong datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Hal ini menyebabkan tingginya tingkat pengganguran di Ibu Kota. Maka dari itu, pemerataan pembangunan dalam segala aspek sangatlah penting. Selain itu, pemerintah harus membuat terobosan atau program- program yang baru untuk membuat lapangan pekerjaan di daerah yang tertinggal sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia.
            Selain pemerintah, masyarakat juga memiliki peran yang cukup penting, yakni masyarakat dapat membuka lapangan pekerjaan dengan cara mengembangkan kemampuan yang dimiliki setiap individu dengan mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan oleh pemerintah serta meningkatkan kreativitas dalam membuat atau menciptakan produk dan jasa yang bisa memiliki harga jual. Karena zaman sekarang ini semua hal bisa dijual, tinggal kita menggali potensi yang ada didalam diri kita saja, selain menguntungkan dan bisa memperoleh pendapatan lebih kita juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu pemerintah dalam menekan tingkat pengangguran.
Zaman sekarang ini teknologi sudah sangat canggih, kita dapat memanfaatkan teknologi untuk memasarkan barang atau jasa yang ingin kita jual dan penyebarannya juga sangat meluas. Dengan bantuan teknologi kita dapat menghemat pengeluaran untuk biaya pemasaran, dan anggaran yang seharusnya kita keluarkan untuk biaya pemasaran tersebut dapat dialokasikan untuk menambah jumlah pekerja sehingga akan meningkatkan perekonomian dan mengurangi tingkat pengangguran bukan?
Kalau kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan buat apa kita susah payah bekerja dibawah pimpinan orang lain? Lebih baik kita menjadi pemimpin diperusahaan kecil namun milik kita sendiri dari pada kita bekerja diperusahaan besar namun milik orang lain. Karna setiap hal besar diperoleh dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Kalau saja masyarakat Indonesia memiliki pandangan yang seperti ini mungkin diIndonesia tidak akan banyak perusahaan-perusahaan besar milik negara asing di Negara kita.
Jadi mulai sekarang cobalah untuk berkreativitas dan berinovasi untuk membantu perekonomian Indonesia. Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi? Semoga dengan pendapat saya dalam artikel ini dapat membantu menyadarkan para pembaca sekalian untuk dapat terus meningkatkan kreativitas dan terus berenovasi terhadap pencapaian anda. Tetap berusaha dan terus meningkatkan potensi yang ada didalam diri anda karna kita tidak akan tahu dibidang apa kita akan berhasil. Lakukan yang terbaik agar memperoleh hasil yang terbaik pula. Jangan pernah takut untuk gagal karna setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga untuk mencapai kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar