RSS

PERGAULAN BEBAS

Tidak dapat di pungkiri di zaman yang semakin maju dan modern ini bukan hanya teknologi saja yang semakin berkembang , dan seiring berjalannya waktu pergaulan di kalangan generasi muda saat ini lebih condong mengikuti trend dari barat yang lebih bebas. Banyak generasi muda zaman sekarang yang melakukan pergaulan bebas seperti, memakai obat-obatan terlarang, meminum-minuman alkohol, bahkan sampai melakukan sex bebas. Yang menurut saya mereka masih mencari jati dirinya sehingga mereka mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang tidak sesuai dengan adat istiadat di indonesia yang lebih ketimuran.
Banyak anak muda yang menganggap pergaulan bebas adalah hal yang biasa dan sudah lumrah bagi mereka, ini di sebabkan pola pemikiran dan tempat pergaulan yang salah sehingga mereka melakukan itu. Karena islam telah mengatur bagaimana cara bergaul dengan lawan jenis, hal ini telah tercantum dalam surat an-nur ayat 30-31. Telah di jelaskan bahwa bahwa hendaknya kita menjaga pandangan mata dalam bergaul. Lalu bagaimana yang terjadi dalam pergaulan bebas? Tentunya banyak hal yang bertolak belakang dengan aturan-aturan yang telah Allah S.W.T tetapkan dalam etika pergaulan. Karena dalam pergaulan bebas tidak menjamin kesucian seseorang.
Menurut saya penyebab terjerumusnya seseorang ke dalam pergaulan adalah kontrol diri yang lemah, pengaruh teman sebaya, kurang kasih sayang orang tua dan faktor lingkungan yang kurang baik sehingga dapat terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Dan banyak juga dampak negatif dari pergaulan bebas, seperti HIV/AIDS yang di sebabkan karena berhubungan bergonta ganti pasangan tidak menggunakan pengaman, hamil di luar nikah, ketergantungan obat bahkan sampai overdosis, dan aborsi yang sedang marak di lakukan di generasi muda.
Sudah terlalu banyak generasi muda yang hancur masa depannya karena pergaulan bebas, yang sedang marak terjadi di kalangan generasi muda adalah hamil di luar nikan dan setelah itu tanpa belas kasihan mereka malukukan aborsi untuk menutupi aibnya karena hamil di luar nikah, dan banyak juga pemuda indonesia yang ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang bahkan sudah banyak yang sampai overdosis dan sudah terlalu banyak yang kehilangan masa depan serta nyawanya karena obat-obatan terlarang tersebut.
Hal seperti itu harus di tangani dengan cepat supaya tidak adalagi korban-korbanyang berjatuhan karena pergaulan bebas ini, karena hal tersebut dapat merusak harkat dan martabat bangsa indonesia. Karena masa depan suatu bangsa itu tergantung dengan generasi muda. Jika generasi muda bangsa indonesia hancur karena obat-obatan terlarang dan seks bebas mau jadi apa bangsa ini kedepannya? Tidak dapat saya bayangkan bagaimana jadinya bangsa indonesia bila generasinya mudanya seperti itu.
Bila tidak segera di tangani maka akan terus bertambah buruk, bahkan anak-anak yang belum cukup umurpun bisa terjerumus ke dalam pergaulan bebas karena rasa keingin tahuan dan rasa ingin mencoba sesuatu yang baru terlalu tinggi. Dan hal tersebut bisa merusak moral dan akhlak generasi muda bangsa ini, maka dari itu pemerintah harus melakukan tindakan seperti lebih menanamkan pendidikan moral dan agama di dalam pendidikan.
Pendidikan moral dan pendidikan agama di tingkat pendidikan dasar dapat menjadi tameng dan pertahanan diri bagi generasi muda, mereka menjadi lebih paham tentang batasan Sehingga ketika mereka memasuki usia remaja, mereka sudah bisa menjaga diri mereka dari pergaulan maupun lingkungan yang salah yang bisa menjerumuskan mereka ke dalam pergaulan bebas. Karena di usia remaja adalah usia yang paling rentan dan paling bahaya, karena di usia remaja rasa keingin tahuan yang sangat tinggi dan rasa ingin coba-coba hal yang baru sangat tinggi sehingga sangat rentan untuk salah dalam pergaulan.
Jika seperti itu kita dapat saling mengingatkan dan menasihati sesama teman agar tidak salah dalam memilih pergaulan, sehingga bisa berdampak baik bagi kehidupan.
Karena meurut saya pergaulan bebas dapat di cegah dengan cara menjaga pergaulan kita, karena dengan menjaga pergaulan kita juga bisa menjaga diri kita dari segala bahaya yang mengancam. Serta peran orang tua juga sangat di perlukan dan orang tua pun harus lebih mengakrbkan diri terhadap anak.  Agar anak bisa lebih terbuka tentang kesehariannya seperti kegiatannya, pergaulannya maupun masalah percintaannya .
Orang tuapun harus membuat program atau aturan-aturan untuk anaknya. Seperti memberikan jam malam atau membatasi anak untuk tidak pergi ke luar rumah pada malam hari tetapi tidak mengekang anak tersebut, dengan cara seperti itu anak tidak mempunyai ruang yang lebih besar untuk terjerumus ke dalam pergaulan bebas atau obat-obatan terlarang. Dan itu juga akan bermanfaat terhadap anak itu sendiri.
Dan yang paling terpenting adalah lingkungan, karena lingkungan mempunyai peran penting yang dapat menentukan pribadi seseorang baik ataupun tidaknya. Dengan menjaga lingkungan tempat bergaul bisa menetukan masa depan sang anak  tentu juga harus dengan menjaga pergaulan. Harus memililih teman yang bisa membawa perubahan yang lebih baik terhadapkehidupan, ahlak, dan juga perilaku. Karena teman adalah seseorang yang lebih sering berada di dekat kita di banding orang tua, jadi seorang teman juga dapat menentukan pergaulan.
Saran dari saya setiap orang tua harus lebih mengawasi tingkah laku anaknya dan juga harus lebih perhatian seperti mendengarkan curahan hati sang anak, lebih meperhatikan pergaulan sang anak, dan juga harus kenal dengan teman-teman sang anak sehingga orang tua bisa menilai bagaimana pergaulan sang anak jika di luar rumah. Meskipun seperti itu semua kembali ke faktor pribadi masing-masing, karena stiap orang pasti sudah tau mana yang benar dan salah. Karena setiap yang di lakukan pasti ada resiko dan konsikuensinya. Jadi sekeras apapun orang tua berusaha menjaga anaknya tetap saja semua tergantung pada diri masing-masing bagaimana menjalani kehidupan yang jika salah sedikit saja salah bergaul bisa terjerumus ke dalam pergaulan bebas seperti sex bebas, obat-obatan terlarang yang suatu saat bisa saja menghancurkan kehidupan dan masa depannya. Karena sangat merugikan jika masa depan seorang anak hancur hanya karena salah dalam pergaulan.
Dan itulah tugas pemerintah, harus mempunyai cara jitu untuk membentengi para generasi muda dari masalah-masalah yang mengancam dan  dapat merusak masa depan mereka. Pemerintah harus berkoordinasi dengan pemerintah dan instansi terkait agar dapat melindungi dan menjaga masa depan generasi muda bangsa indonseia ini. Agar bangsa Indonesia mempunyai generasi muda yang lebih berkualias untuk meneruskan dan terus mendukung negeri ini, sehingga di masa yang mendatang indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik dan lebih maju di banding dengan negara-negara tetangga.
Jangan hanya karena pergaulan semua impian dan cita-cita generasi muda bangsa indonesia ini hancur dan hilang, karena sudah terlalu banyak generasi muda yang kehilangan nyawanya hanya karena terjerumus pergaulan bebas, semoga setalah ini generasi muda bangsa indonesia dapat lepas dan terbebas dari ganasnya pergaulan bebas yang ada saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar