RSS

Sampah


Jika berbicara tentang sampah maka sudah terlalu banyak masalah yang di timbulkan oleh sampah seperti, terjadinya banjir, polusi udara, pencemaran air dsb. Masyarakat  pada masa kini sudah mulai tidak memikirkan tentang sampah. Mereka membuang sampah seenaknya, dimanapun mereka mau tanpa pernah memikirkan apa akibat yang akan di timbulkan oleh perilaku seperti itu.
Mulai dari orang dewasa, anak remaja, bahkan sampai anak-anak sekarang sudah mulai melakukan hal seperti itu,  jika terus seperti itu maka perilaku masyarakat tidak akan pernah berubah sampai kapanpun dan keadaan seperti itu dapat merusak lingkungan jika di lakukan terus menerus. Apalagi jika sampah yang di buang adalah sampah yang sulit terurai oleh tanah seperti pelastik,  botol, dan kaca.
Sampah pelastik membutuhkan waktu yang sangat lama agar dapat terurai secara alami oleh tanah, satu sampah pelastik kecil membutuhkan waktu sekitar 50 tahun untuk dapat di urai  secara alami  dan untuk sampah pelastik besar membutuhkan waktu sekitar 100 tahun untuk dapat di urai secara alami oleh tanah.  jika dalam satu hari ada 1 orang yang membuang sampah botol pelastik berarti membutuhkan 100 tahun untuk dapat terurai, coba bayangkan jika dalam 1 hari ada 250 juta botol pelastik dan membutuhkan waktu 100 tahun agar dapat terurai secara alami. Tidak dapat saya bayangkan bagaimana menumpuknya sampah-sampah botol pelastik itu dan yang pasti akan menimbulkan masalah baru seperti polusi.
Dan lebih parahnya lagi tingkah laku masyarakat yang suka membuang sampah ke dalam aliran sungai, karena jika sungai sudah mulai tersumbat oleh sampah maka aliran sungai yang seharusnya bisa mengalir dengan lancar akan tersumbat oleh tumpukan sampah yang semakin hari semakin banyak. Selain dapat menyumbat aliran sungai sampah pun bisa membuat pendangkalan terhadap sungai yang akan semakin tidak mengoptimalkan fungsi sungai yang seharusnya. Jika sudah seperti itu maka ancaman banjir ketika musim hujan pun sudah pasti akan terjadi dan tidak dapat dihindari lagi.
Jika sudah terjadi seperti itu masyarakat sendiri yang terkena dampaknya, banyak kerugian yang di timbulkan oleh banjir seperti dapat merusak alat-alat elektronik, dapat menimbulkan penyakit, dapat menghambat perekonomian, dapat menghambat aktifitas sekolah. Yang membuat saya heran, walaupun sudah sering terjadi banjir seperti itu masyarakat masih tetap tidak perduli dan seakan sudah terbiasa oleh bencana banjir yang selalu datang setiap musim penghujan. Seharusnya masyarakat segera sadar dan mencari solusi untuk mengatasi dan membenahi keadaan yang terjadi.
Seharusnya masyarakat segera sadar dan mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut agar segera selesai, di situlah tugas pemerintah daerah maupun pusat di butuhkan. Tetapi bukan untuk sekedar memberikan sosialisasi ataupun aturan-aturan, pemerintah setempat harus membuat kegiatan seperti kegiatan gotong royong setiap 1 minggu sekali agar lebih memberikan hasil yang maksimal. Karena jika hanya peraturan yang di buat tanpa adanya pengawasan tidak akan ada masyarakat yang mematuhinya dan berikap acuh tak acuh terhadap peraturan tersebut.
Karena sampah adalah salah satu komponen yang dapat merusak lingkungan, yang sangat harus segera di perhatikan pemerintah. karena ancaman yang di timbulkan oleh sampah sangat berbahaya. Pemerintah juga harus memikirkan opsi lain untuk menangani masalah tentang sampah jika cara yang di lakukan sampai saat ini tidak bisa berhasil. Seperti membatasi penggunaan pelastik dalam setiap kegiatan yang di lakukan oleh masyarakat, jika pemakaian pelastik berkurang maka berkurang pula lah sampah yang sulit terurai oleh alam  dan semakin mudah pula pemerintah untuk mengelola ataupun memproses sampah di tempat pembuangan ahir sampah.
Ataupun ada cara lain untuk menanggulangi sampah, yaitu dengan cara daur ulang. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru. Adapun sampah yang dapat di daur ulang adalah sampah kaca, sampah plastik, sampah kertas, sampah logam dll.
            Dengan adanya proses daur ulang maka volume sampah yang ada akan sangat berkurang bahkan bisa menjadi lahan bisnis karena sampah yang ada di buat menjadi baru lagi dan memiliki nilai jual. dan akan sangat menguntungkan jika program daur ulang terus di jalankan secara konsisten dan di kelola dengan profesional, karena sudah banyak contoh dari negara asing yang sukses dengan program daur ulang dan dapat meningkatkan perekonomian warganya.
Dari masyarakatnya pun dapat melakukan proses daur ulang, jika masyarakat memiliki kreatifitas dan keinginan banyak kerajinan yang dapat di hasilkan dari sampah. Seperti tas dari sampah bungkus pelastik, pupuk kompos, vas bunga dari botol bekas dan masih banyak lagi. jika di kelola secara baik maka itu akan menjadi sumber penghasilan baru bagi masyarakat  dan akan sangat membantu perekonomian mereka.
Hal seperti itu bisa di kembangkan menjadi souvernir khas dari daerah tersebut, dan jika terus di kembangkan maka akan bisa menjadi ciri khas dari daerah tersebut dan dapat menjadi sumber penghasilan tetap yang bisa di andalkan serta bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru.
Pemerintah dan menteri yang bersangkutan harus mendukung dan memperhatikan usaha-usaha kecil yang mempunyai potensi besar seperti itu, agar usaha kreatif  yang mampu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan seperti itu dapat bersaing dengan usaha-usaha yang lain, tetapi dari berita yang saya peroleh sudah banyak pengusaha-pengusaha daur ulang seperti itu sudah sukses bahkan sampai ada yang mengekspor produk mereka ke mancanegara.
Menurut saya itu adalah suatu hal yang harus di banggakandan menjadi daya tarik baru bagi pengusaha-pengusaha yang lainnya, jika hal tersebut terus berkembang maka bukan tidak mungkin itu akan menjadi ciri khas dan daya tari baru untuk indonesia di mata bangsa asing. Dan itu bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan mancanegara agar datang ke indonseia dan yang pasti akan menambah pemasukan devisa ke dalam kas negara.
Semua itu adalah salah satu bukti, jika pola fikir masyarakat berubah dan lebih sedikit kreatif maka sampah bukan lagi hanya faktor yang dapat menyebabkan polusi ataupun banjir semata. Tetapi jika di kelola dengan serius dan baik sampah bisa menjadi sumber pemasukan yang  baru dan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Jadi yang di butuh kan adalah kesadaran dan pola fikir masyarakat serta sedikit perhatian dari pemerintah agar dapat mengatasi masalah sampah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar