RSS

Suaraku untuk Indonesia


Masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami masalah yang bertibi-tubi. Selain karna musim kemarau yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan beberapa daerah mengalami gagal panen dan masalah kabut asap, saat ini Indonesia juga sedang mengalami kerisis ekonomi. Melemahnya rupiah terhadap dolar saat ini sudah mencapai angka Rp 15.000, hal ini membuat harga-harga bahan pokok pun melonjak. Jika harga kebutuhan pokok saja mengalami kenaikan terus menerus lalu bagaimana nasib masyarakat yang kurang mampu? yang sebelum kenaikan harga saja mereka sudah susah untuk membeli kebutuhan pokoknya, jangankan untuk membeli lauk sebagai teman makan untuk membeli sesuap nasi saja mereka sudah kesulitan. Ditambah dengan harga yang terus meningkat, lalu mereka mau makan apa?
Selain itu karna kenaikan harga, banyak juga perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karna alasannya untuk mengurangi biaya produksi. Akibatnya pengangguran di Indonesia bertambah banyak, sebelum rupiah melemah seperti saat ini tingkat pengangguran di Indonesia saja sudah tinggi ditambah dengan dengan masalah yang ada saat ini maka tingkat pengangguran di Indonesia akan semakin besar. Lalu bagaimana nasib bangsa kita dimasa mendatang? Apa kita akan terus menerus seperti ini? Banyak kok negara tetangga yang pernah mengalami hal serupa namun karna mereka memiliki keyakinan dan tekad akhirnya mereka bisa bangkit dari keterpurukannya. Lalu Indonesia kapan?
Ini baru masalah karna kelemahan rupiah ya, lalu bagaimana jika nanti sudah ada pasar bebas? Dimana negara-negara tetangga akan leluasa keluar masuk Indonesia dan bekerja di Indonesia, kalau dibandingkan dengan negara lain masyarakat kita masih kurang pembekalan diri. Contohnya, dari segi bahasa hanya beberapa masyarakat saja yang mahir berbahasa asing seperti bahasa inggris. Saat pasar bebas nanti kan kita akan berkomunikasi dengan bahasa asing. Lalu nasib masyarakat yang tidak mampu menggunkan bahasa asing bagaimana? Apakah ada perusahaan yang mau menampung masyarakat yang memiliki keterbatasan bahasa? Apakah mereka akan terus menganggur? Lalu bagaimana mereka memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya jika mereka tidak bekerja?
Banyak masyarakat pedesaan yang belum menguasai bahasa asing jangankan masyarakat pedesaan, masyarakat yang tinggal di Ibu kota pun banyak kok yang belum mahir berbahasa asing, lantas apa kita siap untuk menghadapi pasar bebas? Tapi siap tidak siap, mau tidak mau kita harus tetap menghadapi pasar bebas tersebut. Inilah tantangan pemerintah untuk menyiapkan masyarakat agar mampu menghadapi pasar bebas. Tapi kalau hanya pemerintah yang terus berusaha namun masyarakatnya tidak ikut serta membatu bagaimana bisa kita terbebas dari terpurukan ini? Jadi ayo lah sama-sama kita bangkit dan menuntaskan masalah dinegri kita ini. Paksakan diri kita untuk terus maju dan berfikir untuk membuat usaha yang mampu meningkatkan perekonomian kita. Serta mempersiapkan diri agar mampu bersaing saat pasar bebas nanti.
Jika pemeritah tidak mampu menyediakan lapangan pekerjaan untuk menampung seluruh masyarakat Indonesia, kenapa tidak kita sendiri saja yang membuatnya? Dengan begitu kita dapat mengurangi sedikit beban pemerintah dan kita juga mampu menekan tingkat pengangguran bukan? Jadi mulai saat ini ayo dong kita paksakan diri kita untuk terus berfikir dan menciptakan suatu usaha yang mampu menghasilkan lapangan kerja untuk banyak orang , jangan malas terus kalau kita terus-terusan malas untuk berfikir kita gak akan maju-maju. saat ini bukan saatnya kita berfikir untuk kerja di perusahaan terbaik tapi menurut saya saat ini saatnya bagaimana kita mampu menjadi pengusaha.
Sekarang banyak mahasiswa yang terlalu terobsesi jika lulus nanti ia ingin bekerja di perusahaan ternama begitu pula dengan saya. Namun setelah saya fikirkan lagi  mau sehebat apapun perusahaan tersebut kita hanya sebagai bawahan tapi jika kita menciptakan sebuah perusahaan, mau sekecil apapun itu kita adalah pengusaha. Selain itu kita juga mampu loh menciptakan lapangan kerja baru apabila usaha kita dapat berkembang lapangan pekerjaan yang tersedia pun akan semakin banyak. Jadi selain kita memperoleh keuntungan dari usaha tersebut kita juga mampu membantu perekonomian orang-orang disekeliling kita, dan itu adalah perbuatan yang mulia menurut saya.
Selain itu, menurut saya pemerintah juga harus lebih memperhatikan pengusaha-pengusaha menengah ke bawah agar mereka dapat lebih berkembang dan pemerintah juga harus membuat terobosan-terobosan baru untuk membantu pengusaha menengah kebawah agar dapat bersaing di era pasar bebas. Karna sekarang ini banyak sekali pengusaha-pengusaha yang sebenarnya mempunyai potensi yang besar namun terhambat karna masalah modal dan soal perizinan yang sebenarnya bisa di bantu oleh pemerintah jika saja pemerintah mempunyai niat serius untuk memperhatikan pengusaha pengusaha kecil di negeri ini saya yakin mereka dapat lebih bersaing di era pasar bebas nanti dan mereka juga dapat membantu pemerintah maupun masyarakat untuk memberikan lapangan pekerjaan sehingga masyarakat indonesia bisa tetap mendapat pekerjaan dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang mereka miliki di banding masyarakat asing.
Dan jika terus seperti itu saya sangat yakin , perekonomian di masyarakat akan lebih membaik dan tingkat pengangguran juga akan dapat ditekan. Dan saya juga sangat yakin jika tingkat pengangguran menuurun maka tingkat kejahatan di negri ini juga akan ikut menurun, mengingat saat ini banyak sekali kejahatan yang terjadi karna faktor kebutuhan ekonomi. Seiring lebih membaiknya perekonomian masyarakat di negri ini, sehingga negri ini juga bisa lebih aman dan tentram.
Intinya si sekarang kita harus menumbuhkan rasa untuk ingin maju didalam diri kita dulu aja, jadi apabila kita sudah memiliki rasa seperti itu saya yakin pasti nanti akan terlintas ide-ide hebat disana. Sebenarnya masyarakat sekarang hanya malas untuk berfikir saja. Padahal saat ini kan teknologi sudah canggih ya, seharusnya kita mampu memanfaatkan situasi seperti saat ini untuk berwirausaha. Dengan teknologi kan kita mampu mempromosikan barang atau jasa yang ingin kita jual. Udah lagi dapat membantu kita dalam menghemat biaya promosi juga kan? Dan sekarang juga sudah banyak kok aplikasi-aplikasi online shop yang mampu membantu kita memasarkan barang dan jasa kita. Jadi kita udah ga perlu ragu lagi untuk memulai berwirausaha.
Ya kalau semua masyarakat Indonesia memiliki pemikiran untuk terus maju dan berkembang pasti deh kita akan terbebas dari masalah ekonomi. Belakangan ini kan masalah terberat kita mengenai perekonomian, akibat dari perekonomian banyak kejahatan yang berlatar belakang karna kebutuhan ekonomi. Jadi saat ini yang terpenting adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)nya dulu, semakin kita melatih keterampilan semakin besar pula peluang yang bisa kita peroleh. Zaman sekarang kan apapun bisa kita jual asalkan kita punya keahlian dan kreativitas. Kalau masalah Sumber Daya Alam (SDM) dinegara kita udah ga perlu ditanya lagi deh. Karna apapun sudah ada disini tinggal bangaimana kita mampu mengolahnya sendiri aja. Dan jangan mau terus-terusan dibodohi oleh negara lain yang terus menerus mengambil kekayaan kita.
Indonesia tuh sebenernya kaya, malah kaya banget nget nget tapi ya karna Sumber Daya Manusia (SDM)nya aja yang terbatas jadi kita gampang dibodohi. Andai aja kita mampu mengelolah Sumber Daya Alam (SDM) kita sendiri pasti saat ini kita sudah menjadi negara maju seperti Singapura, Korea, Inggris, Amerika, dsb. Jadi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi kita selanjutnya harus mau belajar, pemerintah kan juga udah menyediakan program wajib belajar 12 tahun tuh. Nah gunakan fasilitas yang diberi pemerintah dengan sebaik-baiknya.

0 komentar:

Posting Komentar